BUAH SEMANGKA BERDAUN SIRIH

oleh Edi Sutardi pada 01 Oktober 2010 jam 15:36

” buah semangka, berdaun sirih ” sepenggal syair melankolis dari lagu jadul yang dinyanyikan oleh Broery Marantika memberikan inspirasi kepada saya, ketika saya ditodong oleh teman untuk mengisi blog Komasi SMK Plus SMA Plus BINA PRESTASI.

“buah semangka berdaun sirih ” ya kita sepakat itu “imposible”. nah disinilah hebatnya syair tersebut mengajarkan kepada kita hal  ” teori ketidak mungkinan”.  hakikatnya apa yang “kita tanam ” itu yang akan kita “petik ” apa yang kita peroleh sesuai dengan apa yang kita usahakan.  ” siapa yang menuai badai dia yang akan memperoleh akibatnya “(Manai Sophan).

Kalau kita korelasikan dengan ajaran Islam, hakekat syair tersebut sangat tepat.  Dalam Al Qur’an dan hadist banyak ayat dan dalil merefrensikan hal tersebut  untuk dimplemtasikan umat manusia dalam kehidupan duniawi maupun untuk kepentingan di hari akhir nanti,  diantaranya:  ajakan agar  hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih dari hari ini atau berlomba -lombalah (berkompetisi ) dalam kebaikan ( moral/ahlak /prestasi) atau ajakan untuk mencari harta sebanyak-banyak seakan akan kita hidup seribu tahun lagi dan beribadatlah sebanyak-banyak seakan akan kita esok kan mati serta” Iqro” /baca.   Dalil dan hadist tersebut sangat tandas dan jelas,  bagaimana kita diwajibkan untuk tidak pantang menyerah, diwajibkan kepada kita untuk berkompetisi dan tidak cepat puas.

Kalau boleh saya berpendapat, stereotif   sebagian umat Islam terdogmatis  bahwa Al Qur’an dan Hadist  hanya untuk kepentingan akherat saja.   Sehingga tidak salah (mohon maaf) banyak umat islam yang tertinggal disisi ekonomi, politik maupun IPTEK yang sebetulnya tidak boleh terjadi, karena semua umat manusia dimuka bumi akan bersaksi bahwa seluruh IPTEK yang ada sekarang berasal atau penemunya adalah  Ilmuwan -ilmuwan Islam  terdahulu. Adapun IPTEK yang ada sekarang hanya merupakan Inovasi, rekayasa para ilmuwan masa kini.

Ayo, bangun umat Islam, bangun dari mimpi buah semangka berdaun sirih.