KEHIDUPAN

oleh Dedy Bydealah pada 20 Oktober 2010 jam 20:36

Hidup memanglah penuh dengan perjuangan. Jika anda ingin berhasil dan menjadi manusia sukses maka anda pun harus melalui sebuah proses yang terkadang menyakitkan jika dirasakan. Janganlah menjadi seperti anak manja yang selalu ingin dibantu dan dilayani oleh orang tua kita. Karena hal itu sangatlah tidak  baik untuk membentuk karakter dan jiwa kita dalam menghadapi kerasnya kehidupan ini.

Kehidupan ini ibarat jalan satu arah. Seberapa banyakpun perubahan rute yang anda tempuh, tidak satupun akan membawa Anda kembali. Begitu Anda mengetahui dan menerima hal itu, kehidupan akan tampak menjadi jauh lebih sederhana.

Tidak ada masalah yang terlalu besar untuk dihadapi, tidak ada langkah yang terlalu panjang untuk dijalani, dan tidak ada orang yang terlalu sulit untuk dihadapi ketika kita mampu menyikapi setiap peristiwa dengan hati yang jernih dan kepala dingin.

“Tantangan dan masalah merupakan tanda bahwa kita masih hidup”. Demikianlah seorang filsuf pernah bertutur,

jika dicermati lebih jauh memang tidak satupun di dunia ini yang terbebas dari tantangan. Tantangan sesungguhnya membuat seseorang semakin matang dan dewasa dalam perkembangan mental.

Tantangan yang dilakoni dengan baik akan memberikan pembelajaran yang paling berharga bagi kehidupan seseorang. Ketika kita memandang permasalahan dan beban itu berasal dari diri kita. Justru pada saat itu sebenarnya kitalah yang sedang bermasalah.” Sedangkan pepatah Cina mengatakan, “ Daripada mengutuki kegelapan lebih baik ambil sebatang lilin dan nyalakan.”

Cara pandang yang positif akan sangat mempengaruhi efektifitas kerja, bahkan seluruh gerak hidup kita. Melalui cara pandang demikian, secara tidak langsung akan mempengaruhi bagaimana kualitas hidup dan nilai hidup yang dimiliki. itulah sebabnya mereka yang mempunyai cara pandang positif akan memiliki Willingness to do more ( keinginan untuk melakukan lebih dari yang diminta ) dan memiliki watak pekerja yang cerdas ( smart worker ).

Individu yang memiliki cara pandang yang positif, secara pribadi juga akan mampu memetakan kompetensi dan minatnya sehingga dia akan tahu dimana dan bagaimana dia berkembang. Orang yang memiliki cara pandang positif pada umumnya meyakini bahwa menyelesaikan pekerjaan adalah the way of life ( cara hidup ) bukan how to life ( bagaimana hidup ).

sebagaimana yang dikemukakan Zig Ziglar :

  • Optimisme yang sesungguhnya adalah menyadari masalah serta mengenali pemecahannya.
  • Mengetahui kesulitan dan yakin bahwa kesulitan itu dapat diatasi.
  • Melihat yang negatif, tetapi menekankan yang positif.
  • Menghadapi yang terburuk, namun mengharapkan yang terbaik.
  • Mempunyai alasan untuk menggerutu, tapi memilih untuk tersenyum