oleh Fahmi Amii Fabregas Gooner pada 23 Oktober 2010 jam 18:55

EVALUASI TIMNAS INDONESIA

SAATNYA TALENTA MUDA BERAKSI

OLEH : FAHMI TAUHID ( 3OKJB )

 

Dua laga uji coba penting sudah dilakukan timnas senior. Hasilnya kalah 1-7 dari Uruguay dan menang 3 – 0 dari Maladewa. Saat melawan Uruguay penampilan tim merah putih sempat lumayan pada menit – menit pertama, tapi selebihnya Indonesia

menjadi bulan-bulanan Luis Suarez dkk. Bersua Maladewa, permainan tak ada bedanya. Penyelesaian akhir yang buruk membuat Bambang Pamungkas dkk hanya unggul 3-0, padahal di atas kertas level Maladewa jauh di bawah Indonesia. Tentu saja dengan permainan seperti itu cukup berat bagi Timnas untuk memenuhi target menjadi juara di Piala AFF 2010.

Ada poin penting dari evaluasi dua uji coba tersebut. Harus diakui, timnas butuh regenerasi. Timnas butuh talenta – talenta muda dibandingkan pemain yang sudah termakan umur. Dari pengalaman, pemain uzur itu memang berpengalaman, mereka sudah terbiasa melawan tim-tim dari ASEAN. Tapi stamina mereka sudah menurun drastis. Lihat saja Bambang ataupun Nova Arianto yang penampilannya mulai menurun. Sebaliknya,  pemain-pemain muda seperti Yongki Ariwibowo dan Benny Wahyudi sudah mulai menunjukkan kualitasnya. Keberadaan pemain muda di timnas terbukti membuat timnas lebih bertenaga dan ngotot.

So, menurutku sebaiknya Alferd Riedl lebih mengandalkan pemain muda jika ingin meraih hasil yang baik di Piala AFF

2010. Tidak ada salahnya mengandalkan pemain senior, tapi sudah terbukti bahwa Timnas memang butuh talenta muda yang haus akan prestasi.

 

Bagaimana menurut anda ?